top of page
Search

Rangkuman Bab 1 Informatika

internet dan jaringan komputer.

Internet adalah suatu sistem jaringan terinterkoneksi yang menghubungkan komputer-komputer di seluruh dunia melalui protokol TCP / IP.

Internet berasal dari kata interconnected-networking yang artinya jaringan komputer yang saling terkoneksi. Jika disimpulkan, internet adalah kumpulan komputer yang terhubung satu sama lain dalam suatu jaringan yang sangat besar.

Kemampuan internet dalam hal komunikasi dan akses informasi membuat internet menjadi pemeran penting sebagai sumber data dan informasi, serta sebagai sarana komunikasi.

Seluruh pengguna internet dapat mengakses segala informasi tanpa dibatasi wilayah dan tidak memerlukan izin khusus untuk mengakses informasi tersebut.

Internet dikatakan sebagai pemicu globalisasi dimana informasi dapat diakses di seluruh dunia. Dampaknya, kejadian disuatu tempat akan dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun, tanpa terbatas waktu, jarak, hukum dan birokrasi.

Aplikasi World Wide Webdigunakan untuk menyimpan data-data, dengan menggunakan kode HTML dan ditampilkan dalam browser, yaitu suatu aplikasi untuk menterjemahkan kode HTML sehingga dapat ditampilkan dalam halaman web.

Halaman web dapat dihubungkan melalui hyperlinkyang dapat beruba teks, gambar, dal lain-lain. Dokumen/file lain misalnya berupa .doc, .rtf, .pdf, .ppt, PNG, JPG dan lain-lain juga dapat disimpan dalam halaman web. Dan untuk menyimpan data yang besar, dapat menggunakan teknologi Cloud computing.

Sejarah perkembangan internet dimulai dari adanya kekuatiran Amerika Serikat akan adanya serangan nuklir Uni Soviet yang mana sistemnya dikendalikan oleh komputer(1957). Kekuatiran akan jatuhnya tempat kendali komputer tersebut, membuat suatu Lembaga riset APRA (Advanced Research Project Agency)mengembangkan sistem kontrol jarak jauh terhadap komputer pengontrol nuklir tersebut. Banyak peneliti yang berkecimplung di Lembaga tersebut, seperti Joseph C. R. licklider, Ivan Sutherland, dkk menghasilkan sistem dimana komputer-komputer dapat saling berkomunikasi, yang didahului dengan penelitian yang dilakukan oleh Leonard Kleinrock (1961). Pada tahun 1965, koneksi Wide area network diciptakan, dimana computer dikoneksikan dengan telfon, namun koneksi tersebuut membutuhkan bandwich yang besar. Kemudian dikembangkan jaringan online pertama (1966) oleh Bob taylor yang disebut APARNET yang menghubungkan komper-komputer di beberapa universitas. Dan inilah yang menjadi cikal bakal internet. Semenjak itu, para peneliti mulai mengembangkan jaringan lebih luas sehingga terbentuk Telnet, dimana dengan sistem ini, komputer dapat diakses dari jarak jauh, bahkan setelah dikembangkan lagi, dapat mendownload file-file, melakukan surat menyurat (email), membuat simbol-simbol dan lain-lain.

Tahun 1972, ARPA diubah menjadi DARPA. Keterbatasan ARPANET saat itu adalah banyaknya protocol yang harus dilalui. Sehingga tahun 1971 dikembangkan protocol yang lebih simple (TCP/IP) oleh Vinton Cerf, dkk.

Jaringan yang tergabung dalam internet berkembang pesat mulai tahun 1989. Dan ARPANET kemudian diganti dengan NSFNET (1990) dengan sistem yg lebih baik menggunakan kabel T3 dari 80.000 jaringan ke 160.00 jaringan hingga kemudian 300.000 jaringan.

Aplikasi browsing/mosaic (1993) kemudian diciptakan oleh Marc Anderssen. Beliau kemudian menciptakan Nescape, browser yang paling sukses, hingga juga menciptakan Microsoft internet explorer.

Kemajuan internet ditunjang oleh kemajuan teknologi. Kecepatan koneksi sangat penting mengatur sarana bertukar informasi sehingga kemudian dikembangkan teknolgi Digital Subscriber Lines (DSL) dan serat optic untuk mempercepat pengiriman data. Selain jaringan kabel, juga dikembangkan nirkabel WIFI yang dibagikan secara umum, luas dan terbuka, misalnya di bandara, kafe, hotel dan tempat umum lain.

Layanan internet dapat diakses melalui mobile data dari operator seluler dengan teknologi 4G, yang saat ini sedang dikembangkan 5G dan seterusnya, dengan mencari kecepatan yang lebih tinggi dan cakupan lebih luas. Bertambah luas cakupan internet, bertambah pula pengguna internet. Dalam 20 thn terakhir, pengguna internet meningkat 57,33 %. Asia menduduki peringkat pengguna tertinggi, diikuti Eropa, Afrika, dst. Pengguna internet di Indonesia juga mengalami peningkatan (data APJII) dengan peningkatan sekitar 53.15% dan menjadi peringkat 5 di dunia.

Aplikasi-aplikasi internet berkembang tiap tahun, seperti Relay Chat, whatsapp, dll menggantikan beberapa aplikasi lama. Namun, beberapa aplikasi seperti WWW, email, mailing list, blog, dll masih digunakan.

Peranan computer dirasakan makin diperlukan. Pengolahan data, informasi, dll dilakukan via computer dan dapat disimpan dalam server. Komputer server mengatur aliran data dalam jaringan, penyedia sumber (data, program, file, dll), menyimpan halaman (disebur server web) yang dibutuhkan computer lain (computer klien). Computer server bertindak sebagai gateway (gerbang) bagi kimputer klien dlm mengakses data.

Manfaat jaringan computer yaitu: membagi sumber daya, reliabititas tinggi, menghemat uang, sarana komunikasi.

Jenis-jenis jaringan computer yaitu: Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Internet, Intranet.

Teknologi internet mempunyai karakteristik masing-masing tergantung dari:

1. kecepatan akses internet, dikenal sebagai kecepatan transfer data (Gbps), kecepatan koneksi, lebar bandwidth, diukur dari besar data (Bit) dalam satuan waktu (per sekon)Teknologi Internet of Thing (IoT) meningkat jumlah data yang ditransfer, dan dapat menghubungkan, mengendalikan, memantau berbagai perangkat dan mesin melalui internet.

2. Internet service Provider, yang mengendalikan dan dipengaruhi oleh:

a) Kecepatan transfer data

b) Biaya

c) Luas jangkauan

d) Teknologi yang digunakan

3. Menggunakan Jaringan Komputer (LAN), mempengaruhi jumlah, kebutuhan pengguna, kecepatan akses, harga yang diperlukan. Jaringan computer local dapat menggunakan kabel, nirkabel ataupun WIFI dengan karakteristik masing-masing yang berbeda.

4. Menggunakan Ponsel, dapat disesuaikan dalam pengeturan ponsel.

5. Menggunakan Satelit, untuk mengirim dan menangkap sinyal dengan gelombang elektromagnetik, namun teknologi ini sering mengalami latensi atau delay disbanding teknologi lain.

Berbagai aplikasi makin dikembangkan sejalan dengan peningkatan kebutuhan dan penggunaan internet. Diantaranya yaitu:

1. Discussion Board dan Newsgroup

2. Worl Wide Web

3. Electronic Mail (email) dan Mailing List

4. Weblog

5. Jejaring social dan media social

6. Cloud storage

7. Aplikasi berbasis Cloud

8. Mesin pencari (search engine)

Beberapa aplikasi internet yang tergolong mesin pencari yaitu Google atau layanan Google lainnya yang diciptakan tahun 1988 oleh Larry Page dan Sergey Brin. Aplikasi ini menggunakan factor kunci diantaranya:

a) Pengertian dari query pencarian

b) Kesesuaian halaman web

c) Kualitas konten

d) Kegunaan halaman web

e) Konteks dan pengaturan pencarian

Perangkat Google mengumpulkan informasi (crawling oleh web crawlers) dari web-web dan mengorganisasikan halaman-halaman tersebut dalam basis data indeks. Proses crawling dimulai dengan daftar alamat web yang berisi sitemap/peta situs. Layanan Search console mengatur crawlers.

Halaman web dapat dibuka dengan mengetik alamat URL dari website tersebut dibrowser atau dengan dimasukkan kata kunci pencarian. Kata kunci, dapat ditambahkan dengan “+” bila ingin mengunci kata kunci tertentu, “-“ bila tidak ingin mencari data yang berhubungan dengan kata kunci tersebut, dapat dicari dengan format tertentu, domain tertentu, gambar tertentu, waktu dan bahasa tertentu.

Aplikasi google juga memiliki fasilitas google translate (google terjemahan) untuk menterjemahkan bahasa sesuai keinginan pengguna.

Internet menghubungkan computer satu dengan computer lainnya. Pertukaran informasi yang baik harus dapat dikirimkan dengan cepat, utuh dan aman.

Dalam komunikasi data terjadi pengiriman dan penerimaan data yang dihubungkan oleh suatu jaringan. Agar tetap terjaga aman, komunikasi data memiliki protocol-protokol (aturan-aturan) yang bekerja sama dalam menangani pengiriman dan penerimaan data, misalnya TCP/IP yang memastikan data dikirim ke alamat dan aplikasi yang benar serta dalam keadaan utuh. TCP/IP memungkinkan komunikasi antar computer PC dengan Macintosh, atau antara Windows dengan Linux. Empat lapis protocol TCP/IP adalah:

a. Application layer

b. Transport layer

c. Internet layer

d. Network interface layer

Data yang dikirim melalui jaringan computer juga harus dipastikan aman dan tidak salah sasaran. Beberapa hal dalam internet seperti penyadapan, virus spyware, hacking/penyusup, cracking, menjadi masalah dalam keamanan data yang diterima, disimpan atau dikirim.

Hacking adalah masuk secara illegal untuk mencuri, sedangkan cracking adalah masuk dengan ilegal untuk menghancurkan. Dalam internet itu sendiri tersimpan data program/utility untuk hacking dan cracking, namun perlu diingat bahwa cracking dan hacking adalah pelanggaran hukum yang berat. Pencurian data juga dapat dilakukan dengan metoda social engineering, dimana korban secara tidak sadar memberikan informasi kepada pelaku, melalui Teknik:

- Eavesdropping

- Snooping

- Spoofing

- Email spoofing

- Phishing

- Pharming

- Cookies

- Spyware

- Adware

- Brawser hijackers

Untuk itulah dikembangkan beberapa teknologi guna menjamin keamanan komunikasi antar computer, seperti Firewall dan Enkripsi.

Perkembangan jaringan computer dan internet tidak terputus sampai disana. Hingga saat inipun, peneliti tetap mencari dan mengembangkan teknologi terbaru dan terbaik guna mendapatkan keuntungan yang lebih baik dengan keamanan yang lebih tinggi

1 view0 comments

Recent Posts

See All

Liburan Ramadhan pada era pandemi

selama liburan saat pandemi saya hanya main game di dalam kamar saja jadi tidak terlalu menarik tetapi pada minggu terakhir almarhum buyut saya meninggal di lampung jadi di minggu terakhir saya pulang

INVITA 2021

invita dilaksanakan pada tanggal 28 april 2021 melalui platform zoom. dikarenakan sedang pandemi, invita dilaksanakan secara online dengan cara virtual tour menggunakan google maps. sebelumnya, kami d

kolaborasi masyarakat digital

masyarakat digital adalah masyarakat yang berinteraksi melalui media digital seperti instagram, twitter dll. sedangkan kolaborasi adalah bentuk kerja sama antara 2 pihak atau lebih untuk menyelesaikan

Post: Blog2_Post
bottom of page