top of page
Search

Jaringan Komputer dan Internet

Assalamualaikum Wr. Wb.


Kali ini saya akan menunjukan rangkuman saya tentang Jaringan Komputer dan Internet.


Internet merupakan jaringan komputer yang sangatlah besar. Mengapa sangat besar? karena jaringan internet terdiri dari jaringan yang lebih kecil dan juga menghubungkan dengan seluruh dunia.


berdasarkan buku informatika oleh Bpk Henry Pandia M.Si. yang digunakan, jaringan dapat dibedakan menjadi jaringan Kabel/Ethernet dan nirkabel/wireless network (WI-FI). Berdasarkan luas area yang dijangkau oleh jaringan, jaringan komputer ada LAN, MAN, WAN, Internet, dan Intranet. Kecepatan internet dan kecepatan transfer data di dalam jaringan ditentukan oleh lebarnya Bandwith kemudian dihitung dalam satuan bps/ byte per second.


ketika memilih sebuah ISP, ada berbagai faktor yang perlu diperhatikan, misalnya seperti kecepatan bpsnya, harganya, berapa luas jangkauannya, dan teknologinya up to date atau tidak. Koneksi suatu perangkat ke internet dapat dilakukan dengan cara, seperti melalui jaringan LAN, ponsel, dan satelit. Berbagai jenis aplikasi internet yang umum digunakan diantaranya adalah discussion board, newsgroup, WWW, email, mailing list, weblog, medsos, cloud storage, mesin pencari.

Mesin pencari Google menerapkan sistem indeks yang canggih dan berbagai algoritma pencarian untuk memberikan hasil pencarian dengan tingkat kesesuaian yang tinggi. Berbagai pengaturan yang dapat dilakukansaat menggunakan pencarian yaitu pengaturan domain, jenis file, umur dok, Bahasa, lokasi, dll. Komunikasi antara dua komputer dapat dilakukan dengan menggunakan protocol TCP/IP.

Keamanan data merupakan faktor penting ketikaterjadi komunikasi antara dua komputer. Teknik pencurian data yang harus diwaspadai adalah sebagi berikut, eavesdropping, spoofing, emailspoofing, phising, pharming, cookies, spyware, adware, broeser, dan hijacker. Beberapa data bisa dilindungi dengan teknologi pengaman data diantaranya adalah firewall dan enskripsi data.

Sekian yang dapat saya sampaikan. Mohon maaf bila ada TYPO dan kesalahan kata yang saya ketik atau gunakan.

Wassalamualaikum Wr. Wb

6 views0 comments

Recent Posts

See All

Liburan Ramadhan pada era pandemi

selama liburan saat pandemi saya hanya main game di dalam kamar saja jadi tidak terlalu menarik tetapi pada minggu terakhir almarhum buyut saya meninggal di lampung jadi di minggu terakhir saya pulang

INVITA 2021

invita dilaksanakan pada tanggal 28 april 2021 melalui platform zoom. dikarenakan sedang pandemi, invita dilaksanakan secara online dengan cara virtual tour menggunakan google maps. sebelumnya, kami d

kolaborasi masyarakat digital

masyarakat digital adalah masyarakat yang berinteraksi melalui media digital seperti instagram, twitter dll. sedangkan kolaborasi adalah bentuk kerja sama antara 2 pihak atau lebih untuk menyelesaikan

Post: Blog2_Post
bottom of page